Joint Venture
Joint
Venture atau usaha patungan merupakan persetujuan diantara dua pihak atau lebih
untuk melakukan kerjasama di dalam suatu proyek, seringkali suatu joint venture
dilakukan apabila perusahaan-perusahaan dengan teknologi yang saling melengkapi
ingin menciptakan barang atau jasa yang akan saling memperkuat posisi
masing-masing perusahaan. Suatu joint venture biasanya dibatasi pada suatu
proyek.
Berikut
inilah contoh nama perusahaan yang termasuk joint venture;
Dua perusahaan yakni PT Indofood
Sukses Makmur Tbk (Indofood) dan Nestle S.A (Nestle), Switzerland, membentuk
perusahaan patungan (joint venture). Perusahaan joint venture itu adalah PT
Nestle Indofood Citarasa Indonesia.
Perusahaan joint venture itu akan fokus di bisnis kuliner (bumbu penyedap makanan). Menurut CEO PT Indofood Anthoni Salim, pendirian usaha patungan baru ini, akan menciptakan peluang memperbesar pangsa pasar. Sebab, dua perusahaan besar ini akan saling memanfaatkan dan mengembangkan kekuatan yang dimilikinya. Produk-produk yang sudah dihasilkan oleh PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia adalah salah satu-nya sebagai berikut :
Perusahaan joint venture itu akan fokus di bisnis kuliner (bumbu penyedap makanan). Menurut CEO PT Indofood Anthoni Salim, pendirian usaha patungan baru ini, akan menciptakan peluang memperbesar pangsa pasar. Sebab, dua perusahaan besar ini akan saling memanfaatkan dan mengembangkan kekuatan yang dimilikinya. Produk-produk yang sudah dihasilkan oleh PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia adalah salah satu-nya sebagai berikut :
Indofood Bumbu Racik Kelezatan Bumbu Alami. Bumbu Racik Indofood hadir
sebagai solusi dalam pembuatan menu sehari-hari yang lezat dan nikmat. Tersedia
dalam lima varian yaitu Nasi Goreng, Ayam Goreng, Sayur Lodeh, Sayur Asem dan
Tumis.Bumbu Racik Indofood terbuat dari bumbu dan rempah-rempah asli yang telah
dikeringkan tanpa penambahan bahan pengawet dan pewarna. Penggunaannya praktis
sehingga Anda tak perlu mengulek sendiri, sekaligus menjaga dapur tetap bersih.
Dan masih banyak lagi seperti Maggi, Kecap Indofood, Kecap Enak Piring Lombok,
bumbu Instan Indofood, dsb.
Sejarah Berdirinya PT. Indofood
Makmur
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNYbT2bfV0vd-bSB1S2bnTJIkCy33Zeo3kJjE7rWxhlKbJou01XcYnH4njWG8dPgmIV38TEzJ2L3t3ZaqQSD7h9MYu1VmO3pNMWoVUqLTrvrvspdeg2CM1fV23Yuaf8wWqVvHLoD47U5Qk/s1600/download.jpg)
PT Indofood CBP Sukses
Makmur Tbk. Cabang Bandung didirikan pada
bulan Mei 1992 dengan nama PT Karya Pangan Inti Sejati yang merupakan salah
satu cabang dari PT Sanmaru Food Manufcturing Company Ltd. yang
berpusat di Jakarta dan mulai beroperasi pada bulan Oktober 1992. Pada saat itu
jumlah karyawan yang ada sebanyak 200 orang
Pada tahun 1994, terjadi
penggabungan beberapa anak perusahaan yang berada di lingkup Indofood Group,
sehingga mengubah namanya menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. yang
khusus bergerak dalam bidang pengolahan mie instan. Divisi mie instan merupakan
divisi terbesar di Indofood dan pabriknya tersebar di 15 kota, diantaranya
Medan, Pekanbaru, Palembang, Tangerang, Lampung, Pontianak,Manado,
Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makasar, Cibitung, Jakarta, Bandung dan Jambi,
sedangkan cabang tanpa pabrik yaitu Solo, Bali dan Kendari. Hal ini bertujuan
agar produk yang dihasilkan cukup didistribusikan ke wilayah sekitar kota
dimana pabrik berada, sehingga produk dapat diterima oleh konsumen dalam
keadaan segar serta membantu program pemerintah melalui pemerataan tenaga kerja
lokal.
Visi dan misi yang ditunjukan oleh
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah realistik, spesifik, dan meyakinkan
yang merupakan penggambaran citra, nilai, arah dan tujuan untuk masa depan
perusahaan.
·
Visi
“Menjadi perusahaan yang dapat
memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk
dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.
·
Misi
“Menjadi perusahaan transnasional
yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri makanan”.
Sejarah
PT Nestle
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjssa-t5cCmxxUuV2vDqv8Sp5KkzDQhq4Ek6a3nW73NAGrjEd_obYuy3fFsdzS88_oF_e0KzsxEdoziVv-wjHIVP0b4tlgN3iyYtvQ5cPJ3iQM9bevjHKxuFXea0ohqkqGmcd_2i-TQ2Mxs/s1600/png29217.jpg)
Pada tahun 1910 pemasaran produk Nestlé dilakukan oleh cabang Nestlé di Singapura. Produk-produk Nestlé begitu mendominasi pasaran susu kental manis di Indonesia sehingga para konsumen mengidentifikasi semua jenis susu sebagai “Tjap Nona”.
Pada tahun 1930 Nestlé memiliki pangsa pasar terbesar di Indonesia untuk jenis produk susu. Kuatnya tim pemasaran yang terjun ke desa-desa serta aktifnya upaya Nestlé menjaga mutu, dengan mengganti kaleng-kaleng tua di toko-toko dan warung-warung dengan produk baru, merebut kepercayaan dan kesetiaan para konsumen.
Keberhasilan Nestlé di Indonesia disebabkan oleh produk yang bermutu tinggi yang diminati oleh para konsumen dan didukung oleh jaringan distribusi yang efisien dan staf penjualan dan sistem manajemen yang profesional.
VISI DAN MISI PT Nestle
Visi :
PT Nestlé Indonesia, sebagai salah
satu produsen makanan terbesar di Indonesia memiliki misi untuk mewujudkan
masyarakat Indonesia yang lebih sehat. Selain itu, visi dari PT Nestlé
Indonesia adalah:
1.Meraih kepercayaan konsumen, dan
menjadi perusahaan makanan dan nutrisi yang terkemuka serta terpandang di
Indonesia.
2.Menjamin keuntungan dan
kelangsungan pertumbuhan jangka panjang dengan modal yang efisien bagi
perusahaan, melalui pelayanan yang mampu meningkatkan kualitas kehidupan
konsumen.
3.Menjadi
pemimpin pangsa pasar atau posisi no. 2 yang kuat di setiap kategori Selain
visi dan misi, PT Nestlé Indonesia juga menetapkan motto perusahaan mereka,
yaitu “Passion for Our Consumers” Melalui motto ini, PT
Nestlé Indonesia selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi
konsumennya.
Berdasarkan hal ini pula, PT Nestlé
Indonesia menerapkan
beberapa kebijakan Kualitas dan Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan.
beberapa kebijakan Kualitas dan Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan.
Kebijakan Kualitas meliputi :
1.Produk dan jasa tidak pernah
mengabaikan faktor keamanan pangan
2.Selalu mematuhi peraturan yang
berlaku
3.Zero waste dan zero defect
4.Berkomitmen secara terus menerus
untuk meningkatkan standar kualitas
Kebijakan Keselamatan, Kesehatan,
dan Lingkungan meliputi :
1.Karyawan dan mitra bisnis adalah
alat yang paling berharga
2.Menerapkan praktek bisnis yang
ramah lingkungan (mencegah pencemaran lingkungan)
3.Mematuhi semua peraturan di bidang
lingkungan dan K3
4.Menihilkan kecelakaan kerja dan
keluhan masyarakat
5.Perbaikan
secara terus menerus di bidang lingkungan dan PT Nestlé Indonesia selalu
menerapkan nilai – nilai yang selama ini menjadi landasan bagi perusahaan dan
seluruh karyawan, nilai – nilai tersebut dikenal dengan istilah “PRIDE”, yang
merupakan singkatan dari Passion (Semangat), Respect (menghormati), Integrity (Integritas),Determination (Gigih),
dan Excellence (Unggul).
Misi :
Misi Nestlé Indonesia untuk turut
mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat melalui produk-produknya yang
berkualitas, bernutrisi dan lezat rasanya. Selain itu kami juga memfokuskan
diri untuk senantiasa memberikan informasi dan pendidikan bagi konsumen kami,
antara lain seperti tercantum dalam kemasan setiap produk kami. Dalam
menjalankan bisnisnya, Nestlé berusaha untuk selalu menjalankan tanggung jawab
kepada masyarakat dan menciptakan manfaat.
Sumber:
Komentar
Posting Komentar