UNSUR KEBUDAYAAN

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.
{sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya}
            Unsur-Unsur Kebudayaan, Mempelajari unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah kebudayaan sangat penting untuk memahami kebudayaan manusia. Kluckhon dalam bukunya yang berjudul Universal Categories of Culture membagi kebudayaan yang ditemukan pada semua bangsa di dunia dari sistem kebudayaan yang sederhana seperti masyarakat pedesaan hingga sistem kebudayaan yang kompleks seperti masyarakat perkotaan. Kluckhon membagi sistem kebudayaan menjadi tujuh unsur kebudayaan universal atau disebut dengan kultural universal. Menurut Koentjaraningrat, istilah universal menunjukkan bahwa unsur-unsur kebudayaan bersifat universal dan dapat ditemukan di dalam kebudayaan semua bangsa yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Ketujuh unsur kebudayaan tersebut adalah :

1.      Sistem Bahasa
Bahasa memang sangat diperlukan individu untuk bersosialisasi. Tanpa bahasa, kita tidak dapat berinteraksi dengan individu yang lain. Akan Tetapi, tidak semua individu menggunakan bahasa yang sama. Hal itu disebabkan masing-masing individu tidak datang pada satu tempat, melainkan ada yang datang dari daerah atau Negara lain. Sistem Bahasa termasuk salah satu unsur kebudayaan, karena sebuah bahasa akan membuat sekumpulan individu besosialisasi kemudian menjadi sekelompok orang, kemudian menjadi suatu komunitas dan pada akhirnya menjadi warga Negara apabila sekelompok orang tersebut menetap di suatu wilayah tertentu. Dan warga Negara secara tidak langsung akan menciptakan kebudayaan, juga memelihara apa yang telah mereka budayakan.
2.      Sistem Pengetahuan
Sistem pengetahuan dalam kultural universal berkaitan dengan sistem peralatan hidup dan teknologi karena sistem pengetahuan bersifat abstrak dan berwujud di dalam ide manusia. Sistem pengetahuan sangat luas batasannya karena mencakup pengetahuan manusia tentang berbagai unsur yang digunakan dalam kehidupannya. {sumber: http://mbahkarno.blogspot.com/2013/09/unsur-unsur-kebudayaan-beserta.html}

Kehidupan masyarakat sangat mempengaruhi perkembangan pengetahuan. Contohnya pada kehidupan petani yang awalnya membajak sawah menggunakan para kerbaunya akan tetapi semakin berkembangnya zaman muncul alat hasil perkembangan pengetahuan yaitu trotoar, yang sekarang sudah hampir para petani menggunakan benda tersebut. Karena kebiasaan itulah yang menyebabkan pengetahuan termasuk unsur kebudayaan.

3.      Sistem Kekerabatan dan Organisasi Sosial
Sistem Kekerabatan dalam unsur kebudayaan memiliki maksud suatu hubungan antar masyarakat sehingga membentuk suatu komunitas atau organisasi sosial. Sistem kekerabatan dan organisasi sosial dapat membentuk suatu kebudayaan karena dengan adanya suatu organisasi, budaya akan muncul dan budaya yang telah ada disebarkan oleh suatu organisasi tersebut.

4.      Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi
Manusia selalu berusaha untuk mempertahankan hidupnya sehingga mereka akan selalu membuat peralatan atau benda-benda tersebut. Perhatian awal para antropolog dalam memahami kebudayaan manusia berdasarkan unsur teknologi yang dipakai suatu masyarakat berupa benda-benda yang dijadikan sebagai peralatan hidup dengan bentuk dan teknologi yang masih sederhana. Dengan demikian, bahasan tentang unsur kebudayaan yang termasuk dalam peralatan hidup dan teknologi merupakan bahasan kebudayaan fisik.

5.      Sistem Ekonomi atau Mata Pencaharian Hidup
Mata Pencaharian adalah suatu cara makhluk hidup untuk melangsungkan hidupnya. Mata pencaharian tiap masyarakat berbeda-beda. Itu disebabkan karena budaya yang tumbuh pada setiap masyarakat tidak sama. Contohnya, apabila dilihat masyarakat di sekitar daerah  persawahan otomatis budaya mata pencaharian masyarakatnya adalah petani, sedangkan di daerah dekat pantai budaya mata pencaharian masyarakat adalah sebagai nelayan.begitu pula untuk masyarakat perkotaan yang budaya mata pencahariannya berbeda dengan masyarakat desa dan di sekitar pantai.

6.      Sistem Religi
Unsur Religi juga bisa dikategorikan sebagai unsure budaya. Karena untuk di Indonesia sampai saat ini, sisi religi masih sangat menempel dengan kebudayaan-kebudayaan daerah. Dan itu terus dilakukan  dari zaman ke zaman, sehingga dalam sisi religi juga dapat menguatkan kebudayaan dalam kehidupan masyarakat.

7.      Kesenian

Kesenian sudah pasti termasuk unsur kebudayaan. Kesenian itu terdiri dari macam-macam jenis. Dimulai dari kesenian tarian, lagu, tontonan masyarakat. Dan tiap-tiap daerah sudah pasti memiliki kebudayaan itu semua. Macam-macam kesenian tersebut dilestarikan oleh masyarakatnya lalu berkembang dan diketahui oleh masyarakat seluruh Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PELAKSANAAN FESTIVAL JAJANAN MASAKAN DAERAH

Kalimat Efektif

Joint Venture