Tulisan TOU 2 Minggu 2

Sutradara
José Padilha
Produser
·         Marc Abraham
·         Eric Newman
Skenario
Joshua Zetumer
Distributor
·         Metro-Goldwyn-Mayer
·         Columbia Pictures
Tanggal rilis
·         12 Februari 2014(Amerika Serikat)
Durasi
121 minutes
Negara
Amerika Serikat
Bahasa
Bahasa Inggris
Anggaran
$ 120.000.000



SINOPSIS

Pada tahun 2028, perusahaan multinasional kaya OmniCorp adalah pusat teknologi robot. Di luar negeri, Drone mereka banyak digunakan pihak militer selama bertahun-tahun. Namun hal tersebut tidak di negeri asalnya, Amerika Serikat, karena berkaitan dengan masalah hukum.
Tapi kini OmniCorp ingin membawa teknologi terbaru mereka yang Kontroversial di dalam negeri. Dan perusahaan melihat kesempatan emas tersebut saat Alex Murphy (Joel Kinnaman), seorang suami penyayang, ayah sekaligus polisi yang berdedikasi menumpas kejahatan di kota Detroit mengalami luka parah saat bertugas.
Kejadian ini dimanfaatkan OmniCorp untuk membuat RoboCop, separuh robot polisi dan separuh manusia, perusahaan tersebut membayangkan RoboCop berada di semua kota. Tapi OmniCorp tidak pernah memikirkan satu hal penting. Masih tetap ada manusia di dalam RoboCop.

PEMERAN
·         Joel Kinnaman berperan sebagai Alex Murphy / RC2000(RoboCop).
·         Gary Oldman berperan sebagai Dr. Dennett Norton.
·         Michael Keaton berperan sebagai Raymond Sellars.
·         Samuel L. Jackson berperan sebagai Patrick "Pat" Novak.
·         Abbie Cornish berperan sebagai Clara Murphy.
·         Jackie Earle Haley berperan sebagai Rick Mattox.
·         Michael K. Williams berperan sebagai Jack Lewis.
·         Jennifer Ehle berperan sebagai Liz Kline.
·         Jay Baruchel berperan sebagai Tom Pope.
·         Aimee Garcia berperan sebagai Jae Kim.
·         John Paul Ruttan berperan sebagai David Murphy.
·         Miguel Ferrer berperan sebagai Antoine Vallon.
·         Douglas Urbanski berperan sebagai Mayor Durant.
·         Zach Grenier berperan sebagai Senator Dreyfuss.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/RoboCop_(film_2014)

KELEBIHAN
Menurut saya, banyak kelebihan di dalam film RoboCop ini salah satunya pada alur cerita yang mengharukan akan tetapi ketegaran sebuah keluarga dalam menghadapi masalah besar bisa dijadikan contoh di dunia kenyataan. Walaupun sebenarnya tidak ada makhluk hidup yang ingin mengalami hidunya seperti yang dialami Alex Murphy atau Joel Kinnaman yang memerankan RoboCop di film ini. Alex seorang polisi di Kota Detroit, Amerika Serikat mengalami kecelakaan hebat. Kecelakaan yang dialami di rumahnya sendiri akibat dari ledakan mobil saat ia mencoba menghentikan bunyi alarm mobil tersebut, mengakibatkan Alex kehilangan organ-organ tubuhnya dan yang tersisa hanyalah kepala, paru-paru, jantung, dan satu tangan bagian kanan. Mengetahui keadaaan suaminya yang sangat kritis, Clara Murphy atau Abbie Cornish memilih jalan dengan membuat persetujuan bahwa sisa tubuh Alex akan digabungkan ke dalam tubuh robot agar ia dan anaknya masih dapat melihat suami yang dicintainya. Setelah Alex sadar dalam keadaan tubuhnya yang terlihat seperti robot, awalnya ia tidak bisa menerima kenyataan. Dia mengatakan kepada dokter yang telah merawatnya, Dr. Norton,  lebih baik dirinya mati dari pada harus melihat anak dan istrinya mengetahui kondisinya yang sekarang. Alex sempat tidak percaya diri untuk menampakkan dirinya di depan anak dan istrinya. Yang padahal anak dan istrinya masih sangat menyayangi dirinya meski keadaan telah berubah. Selain dari alur cerita tersebut yang dapat dijadikan kelebihan film. Tampilan RoboCop versi tahun 2014 dibuat lebih menarik menggunakan tubuh yang dahulunya berwarna silver, kini dirubah menjadi warna hitam. Dengan perubahan konsep warna pada tubuh, menurut saya Robocop lebih terlihat maskulin serta motor hitam yang digunakan pada saat ia bertempur melawat penjahat. Tetapi di akhir cerita, RoboCop diubah seperti tampilannya semula dengan konsep warna tubuh silver. Disini dapat dilihat, bahwa pembuat cerita tidak ingin menghilangkan khas warna tubuh RoboCop di ingatan penonton setianya.

KELEMAHAN
Pada salah satu dialog dalam film, ada yang mengatakan bahwa kinerja robot lebih bagus dibandingkan dengan kinerja manusia. Meski dialog tersebut hanya untuk masuk ke alur cerita selanjutnya, saya tetap tidak setuju dengan kutipan dialog tersebut. Bagaimanapun juga, robot diciptakan dan di program oleh manusia hanya untuk membantu tugas yang harus dilakukan oleh manusia.

MANFAAT
Mungkin bagi penonton di kalangan yang menyukai bidang robotic, mereka dapat terinspirasi untuk mengembangkan pengetahuan dan pembuatan robotic mereka seperti yang dilakukan oleh Raymond Sellars pada film ini. Tentunya, pengembangan pengetahuan tersebut digunakan untuk hal yang baik dan menguntungkan bagi Negara maupun sesama.

RUJUKAN
Karena film ini terdapat beberapa adegan kekerasan dan adegan dewasa, menurut saya film ini hanya boleh ditonton oleh kategori usia 17+. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PELAKSANAAN FESTIVAL JAJANAN MASAKAN DAERAH

Kalimat Efektif

Joint Venture