Abstrak

1.      Pengertian
Abstrak adalah rangkuman dari isi tulisan dalam format yang sangat singkat atau dengan kata lain penyajian atau gambaran ringkas yang benar, tepat dan jelas mengenai isi suatu dokumen (Ahira, 2009).
Abstrak seperti sinopsis. Hanya dengan membaca abstrak, pembaca sudah bisa memahami apa yang ada dalam sebuah tulisan ilmiah. Oleh sebab itu, abstrak harus jelas, singkat, padat, dan mudah dipahami (Ahira, 2009).
Sifat-sifat abstrak adalah (Santoso, 2009) :
1.      Ringkas
2.      Jelas
3.      Tepat
4.      Berdiri Sendiri
5.      Objektif

2.      Contoh Abstrak


1.      Yang dimuat dalam abstrak
Adapun hal-hal yang perlu ada dalam abstrak adalah (Fakultas teknologi Industri, 2007),
1.      Masalah yang akan diteliti
2.      Metode yang digunakan dalam penelitian
3.      Hasil yang diperoleh pada penelitian
4.      Kesimpulan
5.      Kata Kunci

2.      Cara membuat abstrak
Menurut Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasannudin (2007), hal-hal yang tidak diperbolehkan ada dalam abstrak yaitu sumber acuan, informasi lain yangtidak berhubungan dengan penelitian dan gambar atau tabel. Adapun cara membuat abstrak yang benar dengan menggunakan format penulisan yang benar pula adalah sebagai berikut.
1.      Awal kalimat merupakan kata benda
2.      Terdiri dari maksimal 250 kata, diluar kata depan dan kata sambung
3.      Dalam bentuk 1 paragraf
4.      Menggunakan spasi 1
5.      Menggunakan huruf times new roman
6.      Terdapat kata kunci yang terdiri dari maksimal 5 kata dan disusun secara alphabet.
7.      Ditulis sebelum bab pendahuluan
8.      Rata kiri-kanan
9.      Ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12pt.

3.      Daftar Pustaka
Daftar Pustaka adalah tulisan yang tersusun di akhir sebuah karya ilmiah yang berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit sebagai sumber atau rujukan seorang penulis. Daftar Pustaka ada pada semua jenis karya tulis ilmiah seperti buku, skripsi, makalah, artikel dan sebagainya.


4.      Contoh daftar pustaka

1.      Penulisan daftar pustaka yang benar
Ada hal-hal yang haris diperhatikan urutan dalam penulisan daftar pustaka, yaitu :
1.      Nama penulis
2.      Tahun terbit
3.      Judul buku/karya
4.      Tempat terbit
5.      Nama penerbit
     Bila sudah mengetahui urutan dalam penulisan daftar pustaka langkah selanjutnya adalah mengetahui tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis daftar pustaka yang baik :
·         Pada penulisan nama, tidak perlu dicantumkan gelar
·         Bagi penulis yang memiliki marga, maka marga tersebut harus ditulis paling depan
·         Apabila tidak terdapat nama marga, maka penulisan nama tersebut diakhir
·         Penulisan judul buku/karya ilmiah menggunakan font italic/cetak miring pada setiap katanya
·         Jarak antara sumber diberikan 2 spasi
·         Teknik penulisannya dibedakan tiap sumbernya, apakah dari internet, buku atau jurnal atau karya ilmiah lainnya. Karena sudah ditetapkan dalam peraturan pemerintah dalam undang-undang menulis daftar pustaka.

Sumber : https://imranbuhe.wordpress.com/cara-menulis-abstrak-yang-baik-dan-benar/
http://library.gunadarma.ac.id/epaper/viewer/54460/10103269#page/1/mode/1up
https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_Pustaka
http://library.gunadarma.ac.id/epaper/viewer/54469/10103269#page/1/mode/1up
http://contohsurat123.blogspot.co.id/2015/03/contoh-penulisan-daftar-pustaka.html

Komentar

  1. Makasih infonya, gan. Bermanfaat banget artikelnya, ane juga ada rekomendasi cara membuat abstrak gan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PELAKSANAAN FESTIVAL JAJANAN MASAKAN DAERAH

Kalimat Efektif

Joint Venture