Perencanaan Penulisan Ilmiah

Penulisan Ilmiah adalah karya tulis yang disusun oleh seorang penulis berdasarkan hasil-hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukannya. Dari definisi yang lain dikatakan bahwa karya ilmiah (scientific paper) adalah laporan tertulis dan dipublikasi yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Dibawah ini merupakan susunan dari penulisan ilmiah yang terstruktur;
1.       Cover
Bagian ini merupakan halaman awal pada sebuah hasil karya tulis baik dari yang sederhana seperti makalah hingga yang lebih kompleks seperti penulisan ilmiah dan skripsi. Adapun yang terdapat di dalam sebuah cover penulisan ilmiah adalah sebagai berikut :
a.       Nama Universitas beserta fakultas,
b.      Logo dari Universitas,
c.       Nama judul penulisan ilmiah yang akan dibahas,
d.      Nama, NPM, dan Jurusan mahasiswa yang membahas penulisan tersebut,
e.      Nama dosen pembimbing.

2.       Pernyataan Originalitas dan Publikasi
Berisi tentang pernyataan mahasiswa bahwa penulisan ilmiah tersebut merupakan asli hasil  karya dia sendiri.

3.       Lembar Pengesahan
Berisi Judul PI, Nama, NPM, dan NIR mahasiswa beserta tanggal sidang PI juga tanggal lulusnya. Dibawah data PI mahasiswa tersebut terdapat tandatangan dosen pembimbing, tandatangan Koordinator PI, dan tandatangan ketua jurusan.

4.       Abstraksi
abstrak berisi pernyataan ringkaas dan padat tentang ide-ide yang paling penting. Abstrak memuat masalah dan tujuan penelitian, prosedur penelitian(untuk penelitian kualitatif termasuk deskripsi tentang subjek yang diteliti) dan ringkasan hasil penelitian (bila dianggap perlu, juga simpulan dan implikasi). Tekanan diberikan pada hasil penelitian. Hal-hal lain seperti hipotesis, pembahasan dan saran tidak perlu disajikan (Ahira, 2009).

5.       BAB I PENDAHULUAN
1.     Latar Belakang Masalah 
Terdiri dari minimal 3 paragraf jelas yang membicarakan latar belakang kita membuat penulisan ilmiah tersebut,serta mengacu  pada gejala-gejala yang ada di sekitar kita sehinga menjadikan kita mengangkat permasalahan tersebut dalam suatu penulisan ilmiah dan solusinya.Dalam latar belakang ini juga sebaiknya kita mencantumkan Judul dari penulisan ilmiah yang akan kita buat.
2.     Pembatasan Masalah
Membatasi masalah sepadat mungkin dengan tujuan  menghindari adanya cakupan pembahasan-pembahasan lain dalam penulisan kita.Biasanya dalam Pembatasan masalah ini ditulis kembali judul yang kita ingin buat.
3.     Tujuan Penulisan
        Berisi tujuan kita dalam penulisan ilmiah ini.
4.     Metode Penelitian
Berisikian basis tema yang akan dibuat,disini juga kita cantumkan spek perangkat keras dan perangkat lunak yang dipakai.Dalam metode penulisan ini kita cantumkan semua metode-metode yang kita gunakan.
5.     Sistematika Penulisan
Dalam Sistematika penulisan ini kita tuliskan secara singkat bab demi bab dari mulai bab  pendahuluan,bab landasan teori, bab analisa dan pembahasan serta bab kesimpulan dan saran.

  1. BAB II LANDASAN TEORI
Di bab ini diungkapkan teori-teori yang digunakan Penulis untuk memcahkan masalah. Selain teori, bisa juga dimasukkan alat-alat (tools) perancangan sistem.

  1. BAB III ANALISA MASALAH
Di bab ini dijelaskan secara runut (logis) mengenai langkah-langkah pemecahan masalah yang dilakukan. Bisa dimulai dengan menganalisis permasalahan (di sub-bab batasan masalah), kenapa masalah itu bisa terjadi, apa saja kendalanya, dan apa langkah penyelesaiannya. Selanjutnya dilakukan proses atau prosedur atau langkah-langkah penyelesaian dari sub-bab rumusan masalah.

  1. BAB IV PENUTUP
Berisi kesimpulan dan saran. Yang mana kesimpulan tersebut mahasiswa menyimpulkan apakah penelitian yang dia lakukan selama ini dapat menyelesaikan masalah tersebut atau tidak. Sedangkan saran berisi mengenai hal-hal yang dapat dikembangkan dari PI yang sudah diselesaikannya ini. Saran juga dapat berisi mengenai penyempurnaan dari PI yang karena sesuatu hal belum dapat dilakukan secara sempurna.

9.       DAFTAR PUSTAKA
Berisi sumber-sumber yang dijadikan panduan oleh peneliti (mahasiswa) selama masa penyusunan penulisan baik dari buku maupun artikel.

Sumber :  -     https://aryonelmessi.wordpress.com/2011/02/24/penulisan-ilmiah-2/
-          https://imranbuhe.wordpress.com/cara-menulis-abstrak-yang-baik-dan-benar/
-          http://hilalwhite.blogspot.co.id/2012/05/isi-dari-bab-1-dalam-penulisan-ilmiahpi.html 
- https://www.google.co.id/urlsa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact= =2&ved=0ahUKEwjvhtre7ubJAhUVCI4KHd62C6kQFggZMAA&url=http%3A%2F2Fbwahyudi.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F4859%2FTUNTUNAN%2BPEMBUATAN%2BPENULISAN%2BILMIAH.doc&usg=AFQjCNH39Znc9ThjxFfH6PAwdP-wh9X1Bw&sig2=x-vHiOk6abC1sunC7nk6Eg&bvm=bv.110151844,d.c2E

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PELAKSANAAN FESTIVAL JAJANAN MASAKAN DAERAH

Kalimat Efektif

Joint Venture