Trust/Merger


Trust/Merger adalah proses difusi dua perseroan dengan salah satu diantaranya tetap berdiridengan nama perseroannya sementara yang lain lenyap dengan segala nama dankekayaannya dimasukan dalam perseroan yang tetap berdiri tersebut. Contoh perusahaan yang melakukan Trust / Merger adalah Merger yang dilakukan PT Indofood Sukses Makmur Tbk dengan PT Bina Makna Indopratama, PT Metro Lintas Nusa ,PT Birina Multidaya. pembagian kepemilikan saham adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk sebesar 80 persen, PT Bina Makna Indopratama sebesar 4 persen. Berikut dibawah ini merupakan berita mengenai PT Indofood Sukses Makmur Tbk dengan PT Bina Makna Indopratama, yang dapat menjelaskan hubungan diantara kedua perusahaan tersebut.
TEMPO Interaktif, Jakarta: PT Indofood Sukses Makmur Tbk. membeli obligasi konversi (convertible bonds) senilai Rp 240 miliar yang diterbitkan PT Bina Makna Indopratama (Bina Makna). Perjanjian jual beli dilakukan dengan Canary Makna, yang saat ini memiliki obligasi konversi yang diterbitkan Bina Makna. Bila dikonversikan, obligasi tersebut senilai 62.200 saham baru atau sama dengan 99,7 persen dari saham yang akan dikonversikan. Pembelian tersebut merupakan bagian dari rencana Indofood untuk melakukan penggabungan usaha (merger) anak tahun ini. Dengan pembelian obligasi konversi ini, maka Bina Makna menjadi anak perusahaan Indofood. Bina Makna saat ini merupakan pemilik 20 persen saham di PT Intiboga Sejahtera, PT Sawitra Oil Grains, PT Bitung Menado Oil Industry, dan PT Indomarco Adi Prima. Sedangkan sisa kepemilikan saham dari perusahaan-perusahaan tersebut, yakni sebesar 80 persen, dimiliki oleh Indofood. Intiboga, Sawitra, dan Bitung Manado selama ini merupakan anak perusahaan Indofood yang dikelompokkan dalam divisi edible oils and fats. Sedangkan Indomarco merupakan anak perusahaan yang dikelompokkan dalam dividi distribusi. Indofood tahun ini memiliki rencana merger terhadap beberapa anak perusahaan dalam divisi edible oils and fats serta divisi distribusi ini.”Merger dilakukan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan,” kata Presiden Utama Indofood Franciscus Welirang, dalam laporan publiknya kepada Bursa Efek Surabaya hari ini.
Sedangkan dengan PT Metro Lintas Nusa dan PT Birina Multidaya hanya diketahui bahwa masing-masing perusahaan mendapat bagian kepimilikan saham masing-masing yaitu 3 persen dan 13 persen dari merger yang dilakukan oleh 4 perusahaan.

Sumber :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PELAKSANAAN FESTIVAL JAJANAN MASAKAN DAERAH

Kalimat Efektif

Joint Venture